Grand Narrative 2019
Medium
Metal, acrylic, electronics
Dimensi
Kategori
Revolusi Industri pada masa abad ke-19 telah memformat Eropa menjadi raksasa kapital, yang sesegera merubah wujud wilyah-wilayah aneksasinya di seluruh bumi. Dan Jawa akhir nya menerima “wahyu” ini pula.

Jauh sebelum roda besar ini menggelinding, futurolog Jawa : Prabu Jayabaya, telah menggambarkan kedatangan masa ini lewat Jangka Jayabaya : “ mBesuk yen wis ana kreta tanpa jaran, tanah Jawa kalungan wesi” (Besok saat sudah ada kereta tanpa kuda (kereta api), tanah Jawa akan berkalungkan besi (rel kereta api). Dan benar adanya, pembangunan infrastruktur kereta api di Jawa adalah jalur “lokomotif” perubahan struktur global Jawa.

Demi kuasa dan keuntungan yang lebih masif, membuat sebagian penguasa-penguasa di Jawa rela dikerdilkan, dibeli, dan dikooptasi. Futurolog dan Pujangga Agung R.Ng Ranggawarsita menggambarkan narasi ini lewat salah satu seratnya yang ditulis tepat saat jalur-jalur kereta api perlahan “mengalungi” Jawa. Serat Kalathida menggambarkannya, terutama dalam bait paling populernya, yaitu bait ke-7.