The Mythical Glove #2 2019
Medium
Ceramics, terracotta.
Dimensi
130 x 75 x 75 cm.
Kategori
Karya ini mencoba menampilkan sebuah instalasi replika patung yang dipercaya dibuat pada abad 17 yang ada di sebuah situs di Jawa Barat menggunakan material keramik. Sedikit berbeda dengan patung aslinya yang terbuat dari batu, dalam karya ini saya menggunakan material keramik untuk merepresentasikan komoditas yang berkembang di daerah tempat patung berada di masa tersebut, yaitu tanah liat. Saya juga menambahkan sebuah tulisan pada pedestalnya yang diambil dari fenomena citra patung ini di masyarakat luas, bahwasanya patung ini memiliki mitos, yaitu apabila disentuh dapat memberikan sebuah kutukan untuk perempuan gadis, yaitu menjadi perawan tua. Hanya saya menggunakan framework berpikir manusia masa kini kedalam tulisan tersebut sebagai respon yang sedikit satir atas fenomena tersebut;

“Once you touch this statue, you will be single for the rest of your life.
It's up to you, your fate is not our bussiness anyway.” 

Fenomena ini menjadi kajian saya saat ini berkaitan dengan polemik seni patung di ruang publik di Indonesia, khususnya Jawa Barat. Saat ini patung tersebut disembunyikan di dalam sebuah ruang museum tertutup karena ditakutkan dapat menjadi sesembahan, karena selain bentuknya yang menyerupai manusia yang bertentangan dengan nilai-nilai keislaman di daerah tersebut.

Dalam karya yang akan saya tampilkan kali ini, saya ingin menampilkan polemik patung di ruang publik ke dalam wacana seni kontemporer sebagai materi lokalitas yang menarik untuk dibahas secara terbuka di dalam konteks global. Karya ini saya namakan The Mythical Glove #2.