To Depict The Neuter 2019
Medium
Polyresin
Dimensi
150 x 70 x 50 cm.
Kategori
Karya ini merespon persoalan dekonstruksi citra ‘maskulin’ yang saat ini tidak lagi dinggap sebagai dikotomi dengan feminitas. Bagi saya, maskulinitas mutakhir telah menjadi sebuah spektrum. Tidak lagi menjadi sebuah konsep tunggal yang ajeg dan tunggal, melainkan menjadi cair dan berkelindan.

Dua faktor yang menurut saya signifikan mempengaruhi pergeseran citra maskulin ini adalah media dan fesyen. Aktivitas fesyen tidak lagi memperlihatkan bahwa ‘maskulinitas’ melulu ditampilkan dengan proporsi tubuh yang muskular, melainkan dapat ditampilkan secara ‘neuter / netral’ melalui tubuh yang tinggi semampai dan pilihan busana yang sedemikian rupa. Peran media kemudian mendistribusikan ‘wacana’ ini kepada publik, yang nantinya kemudian ‘dikonsumsi’ dan menjadi rujukan identitas. Meski posisi citra maskulin yang ‘konvensional’ masih pula tersebar dan diterima di publik, setidaknya saat ini konsep maskulinitas telah menjadi lebih plural.

Karya ini menjadi pernyataan saya tentang bagaimana citraan maskulin sejatinya merupakan sebuah konstruksi. Strategi visual yang digunakan adalah dengan figurin sebagai jangkar utamanya yang dipadukan dengan fashion. Dengan menggunakan strategi ini, saya dapat secara sekaligus membicarakan konsep maskulintas mutakhir dan bagaimana wacana mengenainya secara umum dibangun. Dengan figurin saya kemudian membicarakan bagaimana maskulinitas mutakhir dapat secara ‘eksentrik’ diperlihatkan, utamanya melalui proporsi tubuh yang tinggi semampai dengan pilihan busana fesyen yang ‘tidak konvensional’. Sedangkan untuk memperlihatkan bagaimana maskulintas itu sejatinya konstruksi, penempatan figur dalam sebuah pameran dipilih sebagai strategi.