Edrike Joosencia
l. 1991, Cimahi, Jawa Barat.
Hai, Saya Edrike Joosencia.

Perjalanan saya dalam menekuni dunia seni dan kreatif dimulai sejak usia saya 4 tahun. Hal ini didukung oleh. Masa kecil saya banyak saya habiskan bersama buku gambar dan alat-alat gambar. Figur-figur manusia amat lekat pada setiap kertas. Semasa kecil saya adalah anak yang kurang mau bersosialisasi ( menurut penuturan Keluarga ) cenderung banyak mengamati interaksi yang terjadi. Kebiasaan saya sejak kecil inilah yang amat berpengaruh besar terhadap kekaryaan saat ini.

Saya melibatkan banyak sisi emosional pada setiap karya yang saya buat. Media yang saya tekui adalah charcoal dengan medium kertas berukuran besar. Experience saat saya menggunakan charcoal adalah saya merasakan keintiman dengan karya karena langsung menggunakan tangan saya sebagai penghantarnya. Ciri khas karya saya adalah menggunakan medium yang berukuran besar.

Ruang publik dan segala dinamika di dalamnya menjadi inspirasi saya dalam berkarya. Setiap karya seni, sedikit-banyak mencerminkan setting masyarakat tempat seni itu diciptakan. Sebuah karya seni ada karena seorang seniman menciptakannya, dan seniman itu berasal dan hidup dari masryarakat tertentu. Bermasyarakat tersebut merupakan realita yang langsung dihadapi sebagai rangsangan dan pemicu kreativitas kesenimannya. Penyatuan rasa dan pikiran yang mampu memberikan gambaran yang cerah dalam warna dan bentuk. Ada catatan yang saya anggap menjadi basis karya, yaitu adanya keberanian yang muncul dalam mengolah warna dan bentuk sampai menemukan wujud dan figur yang sesungguhnya.

Visi saya adalah mampu mengemas ulang unsur organik seni rupa dengan anorganiknya. Bentuk-bentuk dan warna dikuatkan dengaan tekstur nyata diharapkan mampu mentansfer alam dalam segala aspeknya dan perasaan yang dimodifikasi dengan baik. Saya ingin mengajak semuanya merasakan pengalaman-pengalaman batinnya sendiri apapun itu.
Karya dari Edrike Joosencia